Perjalanan Hemat Batam - Bali

9:28:00 AM

Adakah disini yang tidak tahu Bali ? dirasa tidak mungkin bukan ?
Pulau dewata julukannya. Destinasi wisata Indonesia yang sangat laku keras dipasaran International karena pantai dan alam lainnya yang sungguh ciamik. sebagai salah satu warga negara Indonesia  rasanya sayang sekali jika melewatkan Pulau Bali dari bucket list destinasi wisata kita. Kalau menurut saya Bali adalah paket lengkapnya pariwisata Indonesia, Pantai, Under water, Gunung, Persawahan, Water fall (Air Terjun), Wisata Hutan, Safari, Culture (Budaya), Perdesaan, Perkotaan, Pusat Perbelanjaan , Kesenian dan masih banyak lagi hal yang dapat kita explorasi di Pulau Dewata ini. 



Sebagai seseorang yang bermukim di pulau sumatera lebih tepatnya di pulau Batam yang sama sekali tidak akan pernah bisa kemana-mana dengan jalur darat, ke Bali adalah salah satu perjalanan yang cukup mahal alias berat diongkos. *syedih  . harus diniat-niatin banget dan menabung demi sebuah vacation yang haqiqi menuju Pulau Bali nun jauh disana, but wait . kalau bisa pergi dengan murah kenapa harus yang mahal , hahaha. 

caranya ? rajin-rajinlah cari promo muehehe, mulai jangan ceritanya ? kebanyakan narasi ya hahaha. 

1. Jangan Pergi saat Peak Season 
carilah waktu-waktu dimana sedang tidak musim liburan, cobalah menjadi anti mainstream sesekali , misalkan liburan disaat weekday dan tidak ada tanggal merah sama sekali , *emang bisa ? ya ngorbanin cuti tahunan lah beb .  tempat kamu kerja ga ada cuti tahunan ? laporin disnaker ! wkwkw
Bali ga bakalan sepi karena di Bali everyday is sunday . semua tempat wisata rame walau hari kerja.

2. Carilah Tiket Promo  
bagi kalian yang bermukim dan tinggal di batam atau sedang di batam , sedikit beruntunglah kalian yang bertangga dengan Singapore , why ? 
penerbangan via Singapore (Changi Airport) terkadang lebih murah dibandingkan penerbangan domsetik dari batam ke kota-kota besar indonesia. pada saat itu (February 2018) perbandingan harga tiket Batam-Bali dengan Singapore-Bali jauh berbeda dimana penerbangan dari Singapore with return flight (PP) 50% lebih murah dari penerbangan domestik Batam-Bali . Waktu itu haraga tiket pesawat Domestik Batam-Bali sekitar 1,2jt - 1,3jt Rupiah sekali jalan . sementara dari Singapore-Bali saya dapat harga tiket 560K dan return Bali-Singapore 720K  , langsung book ? engga dong guys karena vacation ga cuma berhenti di kebutuhan tiket pesawat , kita tuh butuh tempat istirahat dan nginep, coba-coba lihat paket flight + hotel di traveloka *bukan iklan saya tidak dibayar traveloka hahaha.
sepertinya lebih murah kalau beli sekaligus pake paketan nah kebetulan harga paketan ada promonya dari traveloka potongan harga up to 500K per satu transaksi untuk penerbangan international , nah kan kebetulan lagi aja gitu saya flight dari singapore jadi termasuk international muehehe , menang banyak kan ?



jadi waktu itu saya semangat banget nyari hotel yang murah dan bagus , saya carinya di daerah selatan karna memang mau main di daerah kuta selatan , jatuh hatilah pada hotel : Amaroossa Suite Bali disini saya ga bahas atau review hotelnya lengkap ya guys , menurut saya bagus dan confort lah.  back to the budget , jadi singkat cerita saya dapat harga tiket pesawat dan hotel 2 malam untuk 2 orang total 3.4jt Rupiah .. murah ? kata orang sih iya :p , karena berangkat dari singapore ya pastinya beli tiket ferry lah dari batam ke singapore per satu orang 270K , masih menang banyak kan daripada penerbangan domestik . oh iya semua hal kan pasti plus minus ya , jadi minusnya tiket yang murah itu schedule flight nya anti mainstream juga , sampe saya harus nginep di changi pergi dan pulang wkwkw.  dan tiket promo itu sifatnya untung-untungan jadi jangan menganggap setiap saat akan semurah itu , pandai-pandailah baca situasi , tanggal keberangkatan sangat mempengaruhi dan bandara tujuan juga mempengaruhi , bisanya jalur penerbangan padat atau bandara besar lebih murah di bandingkan bandara yang schedulenya ga terlalu banyak, dan biasanya tiket murah itu tanpa bagasi , only allowing 7kg cabin size , jadi cobalah untuk menjadi traveller yang anti ribet-ribet club , buat cewe ya jangan kebanyakan bawa baju apalagi make up.

3. Transportasi selama di Bali 
Salah satu faktor utama yang akan mensukseskan sebuah vacation adalah transportasi di kota tujuan, menurut saya kendaraan dan transportasi umum di bali bisa dibilang kurang bagus, jarang banget selain taxi. namun alternatif lain adalah sewa kendaraan , kalau denger kata sewa banyangannya pasti mahal, kalau yang di bayangin sewa mobil sih iya haha . apalagi ga ada yang bisa nyetir diantara saya dan temen saya , yakali nyewa supir ? gajadi backpacker dong kitah .
akhirnya kami sewa sepeda motor selama 3 hari di bali dengan harga per harinya 60K , Total 180K untuk 3 hari, waktu itu saya sewanya di : Bali Jaya Trans , saya book via WA paymentnya saya bayar di tempat COD . nah kelebihanya motornya bisa di antar dan di jemput lagi ke bandara saat pengembalian, menghemat ongkos taxi jadinya kami minta di antar ke bandara sesuai dengan jam landing kami di Bali. syaratnya KTP saya di tahan sama providernya selama motornya kita bawa , tidak dikasi STNK asli melainnkan copy-an yang sudah ditempel di dalam jok motornya , dikasih 2 helm yang menurut saya tidak standard safety yang satunya haha , tapi yausdahlah saya tidak peduli yang penting piknik dan berkendara dengan hati-hati. and please take a note this : transaki sewa menyewa motor hanya bisa dilakukan di kedatangan domestik (parkiran) jadi karena saya dari international saya harus jalan kaki ke domestik. setelah urusan sewa menyewa kendaraan selesai , petualangan di Bali pun dimulai , keluar ke jalan raya dengan modal engga tau ini dimana dan buta alamat di bali , tapi sih ya untuk era globalisasi teknologi jaman now , GPS menjadi salah satu kebutuhan primer selama bertualang. jangan ragu-ragu GPS di Bali akurat banget 100% . jangan takut nyasar karena nyasar itu menyenangkan juga walau serem dikit wkwk , kelebihan naik sepeda motor juga selain anti macet, hemat bensin haha selama 3 hari kami hanya isi 2 kali bensin , senilai total 25K rupiah *premium hahhaa. tambahan informasi mengenai penyewaan sepeda motor jadi saya ada sedikit cerita , kami mengalami kejadian ban motor bocor saat di sanur dan itu ban tubeless tadinya bingung mau di apain nih ditambal gabisa diganti mahal , akhirnya saya telp providernya dan providernya minta untuk berbicara dengan pihak bengkel dan akhirnya gimana ceritanya saya di kenakan tarif 50rb rupiah untuk tambal ban , dan providernya minta notanya di simpan untuk di claim saat pengembalian motornya. menurut saya itu hal yang sangat bagus , providernya bersedia menanggung biaya kerusakan ban walau gatau kita cara pakainya gimana . thumbs up deh ..

4. Selama 3 Hari di Bali 

Hari Pertama Pantai Pandawa & Uluwatu
  • Pantai Pandawa entrance 10K per orang dan sewa tenda payung serta kasur pinggir pantai 50K sepasang 


  • Uluwatu entrance 20K per orang dan 100K perorang untuk pertunjukan tari kecak



  • makan di mie rampok 60K (berdua) 

 Hari Kedua Nusa Penida Island sudah pernah di tulis disini 
  • Tiket fast boat Sanur-Nusa Penida pp 150K 
  • Sewa Motor di Nusa Penida seharian 70K + Bensin 20K (berdua)
  • entrance kelingking beach 5K per orang


  • entrance Angels Billabong + Broken Beach 5K per orang


  • makan sup kepala ikan di Mak Beng Sanur 90K (Berdua)
Hari ketiga  Tanah Lot & La Plancha Seminyak
  • Tanah Lot entrance 20K per orang


  • jajan ice cream dalam kelapa muda 30K (satu berdua , hemaat wkwkwk)

  • La Plancha seminyak tidak dipungut biaya entrance namun untuk duduk di sofa warna warni dan berteduh di bawah payung warna warni rulenya : harus order minmal 100K perorangnya . agak pemaksaan sih wkwkwk dan makannya lumayan mahal-mahal untuk porsi kecil atau cemilan , 



nah jadi itulah sekelumit perjalanan hemat saya dan teman saya di Bali, dengan waktu yang singkat memang tidak banyak hal yang dapat kami explore but with the minim budget & time we do something memorable .  Semoga tulisan ini membantu , btw kalau yang ada kisah backpakeran di blog boleh dong share ke saya juga di kolom comment nanti saya berkunjung ,

Salam .
Arosmarita

You Might Also Like

4 comments