Melancong ke Nusa Penida Tanpa Tour

6:54:00 AM

Assalamu'alaikum my dearest readers. semoga semuanya dalam keadaan sehat yah , Aamiin. 

kyaaa after a very long time engga ngepost apa-apa akhirnya saya punya bahan postingan, sempet galau sih mau lanjutin ini blog domain apa engga karena saya jarang bgt nulis-nulis dimari. tapi sayang juga sih kalau di terminate jadi akhirnya saya memutuskan untuk tetap menobatkan diri sebagai blogger asal-asalan , muhahaha . 

well, back to the topic.
Udah pada tau nusa penida lah ya ? yang belum tau , Nusa Penida itu adalah pulau yang terletak tidak jauh dari Bali. Nusa penida terkenal dengan kindahan alamnya . engga ada pantai yang engga bagus di Nusa Penida Guys ! cakep semua haha . saya sedikit ingin share tentang nusa penida ke teman-teman sekalian karena saya waktu mau ke nusa penida juga terbantu sekali dengan beberapa postingan dan cerita di blog para backpacker. dan saya juga ingin berbagi cerita hehe. 



kenapa saya memilih ke Nusa Penida sebagai destinasi utama saya saat ke bali ? 
ini kali pertama saya ke bali dan saya tidak banyak tahu tentang bali selain destinasi yang sudah terkenal dari dulu, dan beberapa bulan sebelum memutuskan untuk berangkat saya iseng browsing-browsing di instagram, dan saya make sure kalau saya mau ke kelingking beach , titik . nah saya lihat location tanpa lihat map nya . 'Nusa Penida' ga pake island dong jadi saya pikir masih di bali gitu deket2 nusa dua wkwk, sip saya masukin ke itin lalu saya cari lagi tempat berikutnya dan saya tertarik dengan angels billabong dan saya lihat locationnya juga di nusa penida dan lalu saya mau cari hotel deket-deket nusa penida aja biar semua tempat enak di akses dan saat saya cari hotel pake map , jeng jeng ... nusa penida itu bukan di bali tapi harus menyebrang dulu dari bali. bingung ? iya haha ! dan saya cari tahu lagi lebih banyak tentang nusa penida setiap hari hahaha. 

oh iya karena sebelumnya saya banyak baca info tentang nusa penida di beberapa blog dan saya sempet berfikir untuk ikut one day tour ajalah biar ga repot . tapi harganya kisaran 550K-750K / orang untuk paket 2 orang saja . saya cari2 lagi yang open/join trip akhirnya nemu join sama orang malaysia akhirnya dapet harga berempat 400K/ orang . But this way is failed karena orang malay nya cancel ke bali di H-2. bingung lagi ? engga . kalau udah deket waktunya saya akan ambil pilihan lain yaitu pergi sendiri biar kata ntar nyasar ttep harus pergi ke Nusa Penida !!!! sekekeuh itu ! uang dp yang saya transfer ke pihak tour pun di refund. 

yang jadi pertanyaan , 
ke nusa penidanya bagaimana ? naik apa ? darimana ? sampai sana bagaimana?
oke itulah info yang akan saya share disini . 

Bagaimana ?
kalau mau ke Nusa penida dari bali itu kita harus nyebrang menggunakan fast boat , ada 2 pelabuhan penyebrangan dari bali ke nusa penida yaitu via sanur beach atau padang bhai. 

Schedule keberangkatan fast boat ?
nah ini yang bikin saya sedikit galau sebelum pergi guys sampai memutuskan untuk ikut tour tadinya. keberangkatannya jam 8 dari sanur dan padang bhai. namun issue nya sih tiketnya suka habis dan keberangkatan cuma sekali dan ada lagi sore hari . yakeles berangkat sore, baliknya besok dong ?
pikir saya kalau ikut tour tiketnya kan kebagian jadi aman . dan parahnya lagi hari kedua saya dan temen saya sedikit kesiangan tapi kami tetep coba buat ke sanur dan tanya-tanya masih jual tiket engga ke counter2 penjualan tiket dan Alhamdulillah ada tapi harus nunggu setengah jam. oke gpp soalnya juga pergi sendiri jadi waktunya bisa di arrange sendiri. 
dan lucunya pelabuhan penyebrangan di sanur engga ada dermaga ! terus naik ke fast boat nya kudu nyemplung ke laut hahaha , parah bgt untung ga tinggi bgt air nya jadi yang basah cuma celana selutut .  bayangin coba kalau lebih tinggi sedikit lagi airnya , apa ga basah tu sempak ? hahaha absurd bener !



Harga Tiket fast boat penyebrangan & waktu tempuh ?
one way IDR 75K , two way IDR 150K, nah tadinya sekalian mau beli langsung two way biar pulangnya aman , tapi engga bisa dong . harus beli di nusa penida juga buat tiket baliknya . hedeuh . 
dan waktu tempuh by fast boat dari sanur ke nusa penida kurleb 45 menit sampai 1 jam. 

Sampai nusa penida bagaimana ?
Sampai nusa penida salah pelabuhan wkwkw , turun di resort masa? abang-abang boatnya ngebiarin aja gitu kami turun tanpa bilang itu resort untung sebelahnya doang udah pelabuhan dan beneran salah pelabuhan wkwkw. harusnya milih boat yang ke toya pakeh tapi malah ke buyuk dan akhirnya tercerahkan oleh pak wayan. bapak tersebut menawarkan penyewaan motor untuk di pakai seharian , kami di kasih harga 70rb . setelah nanya-nanya ke si bapak kami sedikit tau jalan menuju ke kelingking beach modal petunjuk jalan yang cuma sedikit dan ga ada signal and no phone use for map or GPS , luar biasah, tapi sih disana cuma ada satu jalan jadi kalau nyasar ga akan jauh2 haha . dan yang lebih mempermudah di jalan banyak mobil tour jadi ngebuntutin mobil itu aja kita bakal sampai ke destinasi, Berdasarkan info yang kami dapat dari pak wayan kami harus balik lagi ke buyuk jam 3 sore untuk beli tiket pulang dan jam setengah 4 sore fast boat udah harus berangkat ke sanur . siap ! akhirnya kami pergi berkendara menyusuri nusa penida yang masih minim penduduk dan bangunan.  kondisi jalan sebagian bagus dan sebagian parah. skill bawa motornya kudu lumayanan hahaha kalau ga jatuh tergelincir , intinya hati-hati dan pakai helm lengkap . 

Kelingking Beach
waktu tempuh dari buyuk ke kelingking beach (Garang Dawa) kurleb 1 jam . dan itu panas bgt sampe tangan dan muka memerah akibat terik matahari , tapi semua akan tebayar dengan view yang oke banget . masuk areal kelingking beach di kenakan tarif hanya IDR 5K , alias goceng. kita boleh turun dari tebing ke pantainya kalau berani tapi ada peringatan jalan turun ke bawah terjal dan berbahaya akhirnya kami di atas aja mengingat waktu kami yang sedikit. di daerah sana bakalan rame bgt jadi kalau mau foto dg angle yang pas dan bagus kudu ngantri haha,



Angels Billabong 
Ga kalah rame dan bagus dari kelingking beach , Angels billabong semacam kolam eh apayah itu ? bingung sendiri haha , pokonya disitu boleh berenang tapi airnya dr laut bentuknya genangan air di antara bebatuan dan airnya langsung mengalir dan dialiri dari laut . 
sayangnya pas kami sampai sana angels billabongnya lagi ga bersih dan warna airnya tidak bergradasi seperti foto-foto orang di instagram haha.  masuk ke angels billabong di kenakan tarif IDR 5K alias goceng juga sama kaya di klingking beach , hanya saja itu udah termasuk untuk masuk ke broken beach juga soalnya sebelahan hehehe. 




Broken Beach 
Satu tempat dengan angels billabong , kita hanya perlu jalan kaki dan naik ke atas untuk melihat broken beach sekaligus menjadi destinasi teakhir kami, kamipun tidak berlama-lama mengingat jalanan jelek banget dan ke buyuk itu jauh di tambah takut ketingglan fast boat dan gatau mau nginep dimana. hiks . masih pengen main ke crytal bay tapi ga kekejar wakunya :(




pulang ke buyuk dengan keadaan laper bgt, niatnya mau makan di pinggir pantai ada cafe yang jualan pizza & grill tapi viewnya asik gitu , eh taunya bablas dan sampai buyuk itu cafe nya ga kelihatan wkwkw , yaudah kerena udah sampai kami ke counter ticket buat beli dan habis , panik ? tentu . 
akhinya kami ke tempat pak wayan lagi nyari solusi , Alhamdulillah pak wayan baik hati nganterin kami ke pelabuhan lain dan kami beli tiket mola-mola express tapi harus nunggu jam 4 baru nyebrang ke sanur , masih kelaperan dan nyari makanan sekitaran pelabuhan dan nihil, yaudah tahan dulu dan makan di sanur aja . 



Pulaaaaaaang ke Bali , di laut ombaknya lumayan bikin deg degan , soalnya pas pergi ga berombak eh pulangnya kapalnya goyang-goyang parah , parahnya lagi saya gabisa tidur di kapal , btw pulangnya nyemlung lagi dong ke laut wkwk , pergi dan pulang ngerasa lucu aja itu knp sih ga ada dermaganya ???? kudu banget nyebur haha

lapernya semakin maximal dan kami pun makan di 'Mak Beng' tempat makan terkenal di sanur , menunya macem-macem tapi lebih ke ikan , menu andalannya sup kepala ikan . 
kami order best sellernya itu paket nasi, sup kepala ikan dan ikan goreng (ikan laut), rasanya ? masih terngiang-ngiang sampe batam hahaha. cocok banget buat yang mabuk laut. 

endingnya perjalanan menuju hotel , lelah tapi bahagia . 
Nusa Penida sangat berkesan hehe , di jalan pulang nyobain  lewat tol bali mandara pas lagi sunset2 nya + ada pesawat landing di airport viewnya cakep bgt tapi batre handphone, power bank dan kamera sudah habis jadi engga terbidik . cukup di nikmati saja dengan kedua mata  


Wassalamu'alaikum
(Bali, 10 February 2018)
Arosmarita









You Might Also Like

0 comments