Mengingat Kembali Sejarah Negeri (Lobang Jepang on Vacation)

1:12:00 AM

Hi my dearest blog-mates, 

after 2 week break, akhirnya saya bisa ngepost lagi . kali ini mau cerita sedikit pengalaman saya yang habis dari jalan-jalan , pamer ni ceritanya , ada satu hal yang lebih menarik dari jalan-jalan kali ini, dimana saya baru saja mengunjungi tempat bersejarah yaitu "Lobang Jepang" yang terletak di Bukittinggi Sumatera Barat, 

Pintu utama lobang Jepang , dulunya sih bukan ini pintu utamanya , dulunya ini lobang pengintai (kata pak guidenya)
Awalnya kesini cuma lihat-lihat dan engga ada rencana masuk kedalem karena mengingat waktu yang mempet sorenya harus ngejar penerbangan jam 6 buat balik ke batam , singkat cerita sih ini  tour hari kedua, akhirnya kami cuma di depan-depanya doang lihat dari pintu utama kedalem gelap banget engga kelihatan apa-apa haha, setelah itu kami balik lagi ke tempat untuk menikmati panorama ngarai sianok, disana cuma lihat2 ngarai (lembah) aja sambil foto-foto apa aja yang bisa di abadikan ,

pas balik menuju bus,  lewat lagi ke lobang jepang ini , kok temen-temen kayaknya masih penasaran mau masuk termasuk saya yang berdoa ayo dong bos masuk aja biar ga penasaran , dan akhirnya doa saya di terkabulkan bos bilang yang mau masuk masuk aja biar ga penasaran nanti busnya nunggu di pintu keluarnya yang di bawah , yess dalam hati !

dan dimulailah perjalan kami menyusuri lorong demi lorong yang ada di bawah lobang jepang tersebut dengan dipandu oleh seorang guide yang udah hafal banget sejarahnya,


kesan pertama ?
Gelap cuy , dan lumayan dalem karena pas turun dari pintu utama kami menuruni puluhan anak tangga, saya lupa padahal pak guidenya udah kasi tau hehe,

yang paling saya suka dari tour session kali ini adalah cerita sejarahnya yang saya gak pernah tau *nilai sejarah saya patut dipertanyakan haha
jadi begini :
Lobang jepang ini ditemukan secara tidak sengaja oleh warga setempat tepat setahun setelah kemerdekaan yaitu tahun 1946, penemuan ini masih menyisakan banyak misteri yang belum juga terpecahkan hingga saat ini *horor ya, lobang jepang merupakan tempat persembunyian atau markas bangsa jepang pada zaman penjajahan , sesuai dengan namanya, 
ironinya , lobang jepang yang sangat panjang (1400 m) dan lebar (2 m) ini adalah hasil karya tangan-tangan pemuda indonesia dengan kerja romusha yang masih menggunakan manual atau traditional property seperti cangkul dan kawan-kawannya, kalau dilihat dari panjang dan luas lorong dibawah sana diperkiran memakan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan atau membutuhkan banyak banget tenaga manusia untuk mengerjakannya, sangat disayangkan kekejaman bangsa jepang yang membuat hati kita dipenuhi dengan amarah jika mendengar ceritanya, seluruh buruh romusha yang berasal dari berbagai daerah jajahan jepang ini dibunuh dan dibuang ke aliran sungai dekat ngarai sianok demi menjaga rahasia jepang yang terdapat pada lobang tersebut, *saya sedih loh dengernya pasti kalian juga deh .

penampakan dari pintu utama

strategi kolonial jepang ini juga dengan mempekerjakan buruh romusha dari luar daerah (Sulawesi, Jawa , dan Kalimantan ) agar kejahatan pembunuhan oleh kolonial jepang ini tidak di ketahui warga setempat, sedangkan pemuda dari Bukittinggi dan Sumatera Barat dipekerjakan untuk membuat lobang jepang di daerah bandung dan Pulau Biak, sampai saat ini jumlah korban pembunuhan di lobang jepang ini belum diketahui, dan juga yang menjadi misteri adalah tanah bekas galian tidak ditemukan,

Tentu Warga Negara Indonesia merasa sakit jika mengingat kembali sejarah negeri ini saat zaman penjajahan jepang maupun belanda, namun kita harus move on hehe, fakta-fakta yang ditemukan dalam lobang jepang ini ialah beberapa senjata peningglan jepang , piring batok kelapa dan gelas bambu peninggalan buruh romusha, dan juga sobekan-sobekan kertas yang sekarang sedang disimpan oleh pemerintah daerah , katanya kedepannya semua penemuan itu akan dikembalikan pada museum yang sedang di rancang di dalam lobang jepang tersebut ,
salah satu lorong menuju jalan keluar

pada serius dengerin ceritanya pak guide hha

selain panjang lobang jepang ini juga berkelok-kelok dan memiliki banyak ruangan seperti , ruang makan orang rusia dan jepang , ruang amunisi tempat penyimpanan senjata kalau tidak salah ada 6 ruangan dan 6 lorong untuk ruang amunisi, ruang dapur dan penjara. lobang jepang meiliki beberapa pintu dan lobang pengintai, walau jauh di kedalaman tanah atmosphere yang dirasakan tidaklah panas dan pengap melaikan sejuk seperti pakai AC, padahal tidak di pasang AC di sepanjang lorong kata pak guide sih karena udara dari ventilasi,

biaya masuk lobang jepang tiketnya Rp. 15.000,- tapi saya kurang tau apakah dengan biaya segitu sudah termasuk tour guidenya atau belum , soalnya saya dibayarin #akucintagratisan

okedeh segitu aja , bye bye see you on top *eh on next post :)





You Might Also Like

2 comments